Referensi

Jasa Web Design

Saturday, October 25, 2014

Kota Akcakale Lebih Damai Berkat ISIS

Ditengah pergerakan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), ternyata ada wilayah yang merasa terbantu dengan aksi kelompok ini. Salah satunya yang dialami oleh penduduk sebuah kota di Turki tenggara yang berbatasan dengan Suriah tepatnya di dekat kota Kabane yang diserang dan diduduki ISIS. Penduduk kota ini merasa bahwa sejak ISIS menguasai wilayah Suriah sepanjang perbatasan Turki, mereka justru merasakan kehidupan yang lebih damai.

Ini mulai mereka rasakan sejak ISIS menguasai kota Tel Abyad di perbatasan Suriah-Turki Januari lalu. Penduduk disini mengaku dapat hidup bertetangga dengan ISI mesku mereka tak bersimpati dengan akar perjuangan yang diusung oleh kelompok militan tersebut.

Menurut sorang penjaga toko Mustafa Kaymaz (35), sejak ISIS menguasai perbatasan tidak ada lagi senjata dan kekacauan dibanding ketika masih dikuasai oleh Tentara Suriah Merdeka (FSA) dimana penduduk kota Akcakale ini sudah terbiasa hidup dalam ketakutan dan bunyi-bunyian senjata perang selama setahun terakhir ini, namun sejak kemenangan ISIS, kebisingan itupun telah berakhir.

Namun demikian mayoritas penduduk kota yang merupakan Arab Sunni mengakui bahwa mereka tidak mendukung atau sejalan dengan penafsiran keras ISIS yang dikenal brutal dan suka melakukan pembunuhan massal itu.

Ismail Balakan, 28 tahun mengakui bahwa sebelumnya penduduk di kota ini memang memiliki sedikit simpati kepada ISIS yang dianggap berperang melawan Assad namun simpati itu telah hilang sejak kelompok miltan Islam itu mulai berusaha membunuhi warga Kurdi.

Mengenai kedekatan mereka dengan ISIS yang hanya dipisahkan oleh wilayah tak berpenghuni sejauh setengah kilometer berupa jaringan rel kereta api yang sudah tidak berfungsi dan kawat berduri, penduduk kota ini mengaku tidak terlalu khawatir karena justru sejak ISI menguasai sisi lain perbatasan (wilayah Suriah), mereka kini diliputi kedamaian


0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com