Referensi

Jasa Web Design

Saturday, October 25, 2014

Salah satu kelompok musik yang sempat tampil pada Pekan Komponis Indonesia 2014 bertemakan “Keroncong: Riwayatmu Kini..” di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Jumat malam lalu (24/10/14) adalah kelompok legendaris Keroncong Tugu Cafrinho.

Kelompok yang sudah terbentuk sejak tahun 1925 ini tampil membawakan enam lagu keromcong yang kebanyakan menggunakan bahasa Portugis Kreol.

Bahasa Portugis Kreol , menurut Guido Quiko, Ketua Keroncong Tugu Cafrinho, memang masih digunakan di Kampung Tugu yang merupakan salah satu kawasan di kelurahan Tugu, Jakarta Utara ini.  Bahasa Portugis Kreol memang sudah membaur dengan budaya setempat dan salah satunya terlihat lewat lagu-lagu keroncong yang dilantunkan oleh kelompok Keroncong Tugu Cafrinho di Pekan Komponis Indonesia 2014 kemarin.

"Contohnya lagu Nina Bobo yang kami bawakan tadi. Banyak yang tidak tahu lagu itu berbahasa Portugis Kreol khas Kampung Tugu," kata Guido. Guido juga menjelaskan bahwa lagu “Gatu Matu” yang juga mereka bawakan malam itu merupakan bahasa Portugis Kreol yang di negara asalnya disebut “Gato Mato” yang artinya ‘Kucing Hutan’.

Masuknya bahasa Portugis ke Kampung Tugu dibawa oleh tahanan Portugis yang dilepaskan oleh Belanda di wilayah tersebut pada tahun 1662 dan kemudian para tahanan ini berbaur dan berasimilasi dengan penduduk setempat termasuk bahasa mereka juga melebur dengan bahasa penduduk Tugu.


0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com