Referensi

Jasa Web Design

Saturday, July 5, 2014


Pemrov DKI Jakarta saat ini sednag melakukan kajian tentang saran transportasi Rail Bus. Menurut Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama moda ini dinilai lebih efisien dan efektif mengurai kemacetan dibandingkan bus transjakarta.

Basuki beralasan bahwa rail bus dapat diterapkan pada beberapa ruas jalan DKI Jakarta yang tidak memiliki lebar yang memungkinkan untuk dibangun jalur busway, "Saya lagi studymau bikin railbus untuk jalan yang sempit yang tak bisa dibangun separator," ujar dia, di Balaikota Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Rail bus menurutnya juga lebih efektif mengurangi kemacetan dibanding bus trans jakarta, sebab bus ini akan berjalan di jalur khusus yang menyerupai rel kereta sehingga tak mungkin diserobot kendaraan lain.

Rencananya, jika Railbus jadi dibeli Pemprov DKI Jakarta, maka moda ini akan di beli dari Spanyol yang berharga 20 Miliar. "Harganya satu unit Rp 20 miliar, bisa nampung 300 orang. Produknya nanti akan kita beli yang dari Spanyol," sebut Basuki.

Mengenai masalah pengaturan lalu lintas, Basuki mengatakan bahwa pengaturan lalu lintas untuk railbus akan diberlakukan seperti halnya kereta api. Aturan serupa dengan kereta api ini, kata Basuki, akan memberikan keistimewaan bagi para pengemudi railbus sehingga tak dijerat hukum ketika ada kendaraan lain yang memasuki jalur moda transportasi ini.

"Kalau kereta nabrak orang, masinisnya salah enggak? Enggak kan. Kenapa sopir transjakarta kalau nabrak orang sampai mati di jalur busway mereka malah dipenjara. Padahal, motor kan sudah jelas tidak boleh masuk ke jalur busway. Ada forbidden tidak boleh masuk. Kalau masih tetap masuk, ditabrak, salah sendiri dong," tutur dia.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com