Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, July 8, 2014

Mungkin orang asing mengenal negara Indonesia sebagai negara dengan pulau terbaik dunia, maka terenak dunia, langganan juara bulu tangkis ataupun olimpiade. Namun sepertinya predikat itu akan semakin bertambah, karena dua perusahaan tanah air yang tergolong masih BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sukses masuk ke jajaran top 500 perusahaan dengan omzet terbesar di dunia.

Menurut daftar bergengsi yang diterbitkan oleh Fortune 500, kedua perusahaan yang berhasil masuk ke dalam 500 perusahaan dengan omzet terbesar itu ialah Pertamina dan PLN.

Ya kedua perusahaan pelat merah milik negara ini berhasil masuk daftar fortune 500 jajaran perusahaan terbesar di dunia. PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam menghasil produk minyak dan gas ini meraup omzet 71,10 miliar di 2013 atau naik tipis 0, 3% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, laba perusahaan yang dipimpin oleh Direktur Utama Karen Agustiawan ternyata naik sebesar 10,9% atau menuju US$ 3 miliar. Walaupun omzet dan keuntungannya naik dari tahun sebelumnya, Pertamina termasuk perusahaan yang turun peringkat di majalah Fortune ini karena sebelumnya peringkat BUMN dengan 24.781 karyawan ini berada pada urutan 122 dan kini turun menjadi 123.

PT Perusahaan Listrik Negara-PLN (Persero) juga masuk ke daftar perusahaan terbesar sebagai pendatang baru di jajaran 500 perusahaan terbesar menurut fortune. BUMN Listrik itu sukses meraup omzet sebanyak US$ 25 miliar, naik tipis 0,6% dari tahun sebelumnya. Walaupun omzetnya naik, tapi perusahaan yang mempunyai karyawan sebanyak 63.204 dan dipimpin oleh Direktur Utama Nur Pamudji ini ternyata labanya berkurang sangat dalam hingga 938,2% atau rugi sebanyak 2,87 miliar USD. Kerugian yang dialami BUMN listrik ini diduga karena terjadinya selisih kurs.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com