Referensi

Jasa Web Design

Friday, July 18, 2014

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Proyek pembangunan PLTU yang berkapasitas 2 x 200 Mega Watt (MW) itu dilakukan agar Sumatera Utara tidak terjadi lagi bencana pemadaman listrik / defisit pasokan listrik yang meresahkan pelanggan. Dan kedatangannya pada proyek pembangkit listrik itu karena ingin memastikan bagaimana perkembangan PLTU yang bernama Pangkalan Susu secara langsung.

Dahlan Iskan yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Perusahaan Listrik PT PLN (persero) merasa optimis bahwa PLTU Pangkalan Susu mampu beroperasi secara penuh dan mampu mengaliri listrik ke warga Sumatera Utara pada 9 September 2014.

Dahlan Iskan yang datang secara diam-diam tanpa diketahui Dirutnya itu juga mengungkapkan bahwa perkembangan PLTU Pangkalan Susu saat ini masih dalam tahap uji coba. Dan pengujian sendiri baru dilakukan pada satu unit, unit lainnya masih dalam proses pengerjaan.

"Unit yang sedang dicoba ini berkapasitas 200 MW. Unit satunya lagi sedang dalam penyelesaian. Saya targetkan 9 September menghasilkan listrik tambahan 200 MW lagi," kata Dahlan dalam keterangan tertulisnya Jumat (18/7/2014).

Proyek pembangunan yang dimulai sejak tahun 2008 ini sendiri merupakan hasil kerjama antara Indonesia dengan Guandong, Tiongkok tahun 2007. Dahlan Iskan sempat berbincang-bincang dengan insinyur pembangunan PLTU tersebut yang berasal dari Tiongkok.
  

"Tapi saya panggil ahli-ahli dari RRT-nya untuk rapat khusus agar bisa mencapai target itu. Mereka sanggup dan saya akhiri dengan toast," jelasnya.

PLTU Pangkalan Susu yang baru tadi malam dinyalakan ternyata berhasil menghasilkan uap yang banyak. Dengan uap yang banyak tersebut, Dahlan meyakini tidak butuh waktu lama agar uap dapat mampu menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik untuk warga Sumatera Utara.

"Dua jam lagi, setelah tekanan uapnya ideal, turbin mulai diputar. Kalau turbin sudah bisa berputar sampai 3.000 RPM dan tidak ada masalah apa-apa, besok generator mulai dicoba," jelasnya.

Dahlan Juga berharap bahwa proses uji coba ini berhasil dan tanpa kendala, agar PLTU Pangkalan Susu dapat memproduksi listrik untuk warga Sumatera Utara. PLN sendiri sudah menyiapkan pasokan batu bara yang cukup serta sebagian transmisi.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com