Referensi

Jasa Web Design

Monday, June 23, 2014

Ada salah satu kota di Indonesia yang tercatat oleh Guiness Book of World Record sebagai kota yang paling banyak di sambar petir. Ada berbagai asumsi yang dikemukakan para ahli demi menjelaskan penyebabnya.

  1. Kelembaban dan suhu udara yang cukup berpotensi terkumpulnya awan cumulonimbus (cb) awan penyebab petir. Dengan kelembapannya udara berkisar 85 persen dan suhu antara 25,5 - 32,7 derajat celsius, kota ini sering menimbulkan gerakan massa udara vertikal ( konveksi ) yang dapat memisahkan muatan listrik negatif dan positif di dalam awan cb sehingga menyebabkan timbulnya suara petir.
  2. Kota ini juga terapit oleh 2 gunung, yaitu Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Kedua gunung ini membuat awan cepat bergerak menuju kota dengan ketinggian yang potensial untuk terjadinya petir.
  3. Itulah 2 alasan mengapa kota ini menjadi kota yang paling banyak petirnya. Tahu dong kota apa? Ya Kota Bogor. Dalam sehari tercatat 322 kali sambaran petir menurut Guiness Book of World Record.

Bagi Anda warga Bogor, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar terhindar dari sambaran petir.
  1. Umumnya petir sering terjadi di lapangan terbuka, oleh karena itu sebaiknya jangan berolahraga di lapangan saat hujan. Namun ketika Anda sedang golf, stik golf taruh di sebelah Anda kemudian rapatkan kaki, jongkok, kepala ditundukkan, tangan menutup telinga dan bukalah mulut Anda. Hal ini dilakukan agar suara petir tidak mengganggu indera pendengaran Anda.
  2. Jangan pernah berteduh di bawah pohon, jika tidak ada tempat lain maka pastikan Anda harus berjarak 1 sampai 1,5 meter dari pohon tersebut.
  3. Jika Anda sedang berada di perahu, usahakanlah secepat mungkin menuju daratan.
  4. Kalau Anda sedang berada di dalam mobil, jangan setuh apapun yang sifatnya logam.
Itulah beberapa tips terhindar dari sambaran petir. Semoga bermanfaat untuk Anda khususnya warga bogor :)

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com