Referensi

Jasa Web Design

Saturday, December 12, 2015

Sepanjang tahun 2015, jumlah kasus korupsi yang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur didominasi oleh kasus penyalahgunaan dana hibah atau bantuan sosial.  Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa Timur Kombes Pol RP Argo Yuwono, dari 91 kasus korupsi yang ditangani dan sudah dilanjutkan ke kejaksaan, ada 40 kasus korupsi dana bantuan sosial.

Menurut Yuwono, umumnya pelanggaran penyalahgunaan bansos ini berupa pemalsuan data dan pendistribusian yang tidak tepat sasaran. Namun, masih menurut Yuwono, ada juga tindakan korupsi yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa dengan modus berupa lelang yang tidak sesuai prosedur sehingga saat realisasi penyerahan barang tidak sesuai dengan spesifikasi atau terjadi pengurangan volume.

Tingginya kasus yang melibatkan dana hibah atau bantuan sosial di Jawa Timur ini memancing reaksi dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Beliau mengatakan bahwa tahun depan akan mengadakan evaluasi terhadap penggunaan dana bantuan sosial ini.

Kepada wartawan, Sabtu (12/12/2015), Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Soekarwo, mengatakan bahwa selama berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku maka pemberian dana bansos ini tidak ada masalah karena memang tujuannya untuk menyejahterakan rakyat. Menurutnya pencarian dana bansos sudah ada aturannya dan diajukan sebelum penyusunan anggaran. Daftar penerima dana bantuan sosial juga, masih menurut Pakde Karwo, harus sudah lengkap sebelum mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Selanjutnya Pakde Karwo juga menyampaikan bahwa sorotan yang banyak muncul terhadap pemberian dana bansos ini disebabkan pemberiannya yang bersifat mendadak dan tidak rinci meski sebelum pencairan anggaran sudah ada pakta integritas dari pelaksana untuk memberikan dana kepada warga yang berhak dan tidak menyelewengkannya. Dan inilah yang harus dievaluasi bersama dan tidak boleh kembali terulang, tambah politisi dari Partai Demokrat tersebut.


0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com