Referensi

Jasa Web Design

Saturday, November 8, 2014

Presiden jokowi meluncurkan bebrapa kartu diantaranya kartu indonesia sehat(KIS), kartu indonesia pintar (KIP), dan kartu keluarga sejahtera. Peresmian peluncuran kartu tersebut di lakukan di kantor pos pasar baru jakarta pusat, senin 3 november 2014.
Tidak hanya di kantor pos pasar baru, kartu tersebut juga diluncurkan di empat kantor pos di jakarta, yaitu kantor pos jalan pemuda, kantor pos mampang, kantor pos fatmawati dan kantor pos kebon bawang. Peresmian tersebut di lakukan di kantor pos pasar baru yang di hadiri oleh bapak presiden jokowi dan ibu negara iriana joko widodo.

Trobosan pertama
Kartu-kartu itu adalah langkah awal pemerintahan unruk menjamin akses pendidikan, kesehatan bagi rakyat yang kurang mampu. Jokowi menjamin tak akan ada lagi masyarakat yang kesulitanmengakses pendidikan dan kesehatan.
Bapak presiden jokowi menyadari bahwa pelaksanaan program kartu tersebut bukan tanpa hambatan. Tapi yang jelas sekarang seluruh masyarakat indonesia mudah mengakses pelanyanan  kesehatan dan pendididkan. Setiap program pasti terdapat hambatan-hambatan namun kita belum mengetahui sampai sejauh mana rumah sakit mampu menapung pasien dan kapasitas ruangan yang ada ujarnya bapak presiden joko widodo.
Setelah peluncuran kartu tersebut menurut bapak presiden joko widodo kartu akan di bagiakan ke semua kota, kabupaten dan provinsi di indonesia. namun, di sini terjadi kerancuan terhadap adanya kemungkinan tumpang tindih terhadap badan penyelengaraa jaminan kesehatan.
Nanti secara teknis tanyakan kepada bu mentri kesehatan. Musti ngapaian dapet dobel-dobel ujar bapak presiden joko widodo.

Pergantian kartu
Secara teratur kartu kks akan mengantikan kartu perlindungan sosial (KPS) kartu tersebut digunakan sebagai penanda untuk keluarga kurang mampu. Selin kks, jokowi juga membagikan kartu sim yang berisi uang elektronik untuk mengakses KKS, KIP dan KIS.
Sekertaris eksekutif tim percepatan penanggualangan kemiskinan, Bambang Widianto mengatakan pada tahun awal ini pemerintah membagikan KKS, Kartu HP, KIS dan KIP kepada 1 juta keluarga kurang mampu keseluruhan programnya merupakan era baru dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.
Menurut bambang simpanan keluarga sehat adalah bantuan tunai bagi keluarga yang kurang mampu yang di berikan dalam bentuk rekening simpanan untuk strategi keuangan nasional inklusif. Menurut bambang juaga pemberian batuan ditunjukan untuk mendorong akses trhadap sistem keuangan bagi seluruh lapisan rakyat.
Pemberian simpanan juga merupakan perbaiakan dari pemberian bantuan tunai yang dulu disebut bantuan langsung tunai (BLT)  yang di berikan sebagai kompensasi kenaikan harga BBM di tahun 2013 yang lalu, menurut bambang bantuan di berikan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pemerataan pendapatan serta menjaga stabilitas keuangan.

Pembaruan data
Bambang menambahkan pemerintah juga akan memperbaharui data penerimaan kartu. “tahun depan akan di update data terbarunya”. Ujarnya
Untuk dana bpjs dana yang di sediakan sekitar 20 triliun rupiah. Untuk menopang kartu KIS masih menggunakan anggran badan penyelengaraan jaminan kesehatan (BPJS) ujar bambang.
Menteri Kesehantan Nila Moeloek mengatakan, kartu KIS yang di gagas oleh peresiden jokowi memiliki perbedaan dari kartu sebelumnya. KIS menurut nia ditunjukan pada penyadang masalah kesejahteraan sosial (PMKS)dan bayi yang baru lahir.
“Kartu ini akan terintergerasi dengan kartu dengan kartu jaminan kesehatan nasional (JKN), JKN akan dirubah namanya menjadi (KIS) hanya mengganti kartu dan menyempurnkan program (JKN)”. Katanya
KIS akan dibagian kepada sekitar 88,1 juta warga yang menjadi sasaran, lebih banyak dari jumlah 86,4 juta warga yang menjadi sasaran jaminan kesehatan nasional (JKN). Pada masa pemrintaan SBY pemegang KIS di tanggung pemerintah melalui BPJS, dengan premi sebesar Rp.19.225 per orang.

Antisipasi kenaikan harga BBM
Ketiga kartu yang di luncurkan oleh pemerintahan jokowi adalah untuk mengantisipasi dampak dari kenaikan harga BBM.
Pakar kebijakan Publik Riant Nugroho mengatakan peluncuran kartu untuk mengamankan kelompok-kelompok masayarakat yang kurang mampu dari imbas kenaikan harga BBM. Menurutnya kelompok-kelompok itu memang harus diamankan dari keterpurukan ekonomi apabila nantinya pemerintahan jokowi menaikan harga BBM.
Dia mengatakan pajak korporasi dio indonesia sebesar 28 persen jauh lebih tinggi dari singapura, cina, jepang dan korea selatan. Padahal pelanyanan publik dan kebijakan investasi di negara-negara itu jauh lebih baik dari indonesia. mau tak mau memang kenaikan harga BBM tidak bisa di hindari lagi hal tesebut di karenakan beban negara yang sangat bayak.


0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com