Referensi

Jasa Web Design

Thursday, May 22, 2014

Geliat Portal Lowongan Kerja Online

Berkembangnya teknologi internet dan penggunanya yang terus meningkat dari tahun ke tahun ikut merambah di dunia bisnis lowongan pekerjaan. Kalau di masa lalu iklan lowongan pekerjaan dipasang melalui iklan baris di surat kabar, saat ini perusahaan lebih memilih menggunakan jasa portal-portal lowongan kerja online.

Melihat peluang bisnis inipun portal lowongan pekerjaan semakin berkembang dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Kalau di awal tahun 2000an kita hanya mengenal karir.com, satu-satunya portal lowongan kerja online, saat ini puluhan portal sejenis bersaing dengan aneka fitur dan penawaran menarik bagi pemasang iklan lowongan kerja maupun para pencari kerja. Melalui portal-portal ini pencari tenaga kerja dan pencari kerja dihubungkan dengan cara yang lebih mudah dan efektif.

Selain merebaknya situs-situs pencarian kerja lokal, beberapa portal lowongan kerja asingpun ikut merambah bisnis ini di Indonesia dengan membangun cabang atau franchise. Beberapa perusahaan media online lokalpun ikut meramaikan dengan membangun sub-sub domain khusus lowongan pekerjaan. Namun sayang, dari puluhan portal lowongan yang ada, hanya beberapa yang tampaknya menguasai pasar yang ada. Sementara sebagian lagi masih berusaha mencari cara untuk mengejar ketertinggalan mereka. 

Mengembangkan portal lowongan kerja memang tidak semudah yang kita bayangkan. Target market portal seperti ini adalah perusahaan pencari tenaga kerja dan para pencari kerja. Dua pihak ini saling terhubungan dan saling membutuhkan. Untuk menawarkan iklan lowongan kerja pada perusahaan-perusahaan, tentunya pihak pengelola portal harus memiliki banyak database member pencari kerja, namun untuk menarik minat para pencari kerja ini tentunya jika iklan lowongan kerja yang tersedia banyak dan dinamis setiap harinya. Jadi butuh kejelian bagi pengelola portal untuk meraih kedua pihak yang berkepentingan ini sekaligus. 

Jaringan yang luas akan mempengaruhi keberhasilan mengajak perusahaan-perusahaan menggunakan fasilitas portal, sedangkan untuk menarik minat pencari kerja, fitur-fitur dan fasilitas menarik harus tersedia. Jika member pencari kerja meningkat maka perusahaan pemasang iklan juga akan tertarik.

Dalam menjalankan bisnis mereka, ada beberapa faktor yang menjadi kegagalan portal lowongan kerja, salah satunya adalah mereka lupa memberikan jaminan atau layanan efektifitas pemasangan iklan pekerjaan. Mereka hanya mengimin-imingi pihak perusahaan dengan promo atau paket pemasangan iklan yang murah dan ekonomis namun kemudian lupa bahwa biaya pemasangan iklan murah ini belum tentu efektif karena jumlah pelamar yang sangat kecil. Biasanya perusahaaan pemasang iklan akan berpikir lebih panjang untuk menggunakan lagi fasilitas portal tersebut.

Salah satu portal lowongan kerja yang sedang berkembang saat ini adalah Arena Karier. Berbeda dengan portal-portal sejenis yang sudah lebih dulu ada, Arena Karier lebih serius melakukan pendekatan kepada pencari kerja, dimana melalui website mereka, selain fitur iklan lowongan kerja, Arena Karier juga menyediakan fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi pekerja atau pencari kerja, antara lain berupa informasi, berita dan artikel-artikel bermanfaat yang memotivasi seputas dunia kerja, pendidikan dan karier. Selain itu juga Arena Karier menambahkan fitur-fitur seperti informasi beasiswa dan kursus untuk menempatkan posisi mereka sebagai portal karier yang terintegrasi. Tidak hanya lowongan pekerjaan semata.

Sejauh ini sudah ribuan member yang mendaftarkan akun di Arena Karier dan akan terus ditingkatkan dengan berbagai strategi marketing online yang menarik.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com