Friday, May 11, 2012
Jakarta - Memodifikasi
sebuah mobil bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih bila konsep yang ingin
direalisasi adalah sebuah mobil hot rod yang merupakan gabungan dari
empat mobil yang dijadikan satu!
Adalah Hendri Suwarno yang
dengan gesit mau bersusah payah membangun mobil yang bernama Slam Rodder
ini dalam waktu yang tidak sebentar, 1 tahun. Dan memang, untuk
membuatnya Slam Rodder, Hendri bersama rumah modifikasi South Land harus
memutar otak.
"Modifikasi seperti ini tidak bisa sebentar,
karena barangnya juga susah dan tidak bisa langsung pasang kalau pun
dapat," cerita Hendri yang sempat dinominasikan di ajang kontes
modifikasi mobil Clas Mild Accelera Auto Contest di Surabaya beberapa
waktu lalu.
"Apalagi mobil ini bisa dibilang 1 mobil tapi merupakan gabungan dari 4 mobil sekaligus," cetusnya.
Empat
mobil yang digabung pun uniknya terdiri dari empat merek yang berbeda
yakni Volkswagen, Ford, Dodge dan Citroen yang dijadikan satu ke dalam
Slam Rodder.
"Pertama saya beli satu VW Kodok buat diambil
suspensinya saja, lalu kabin dan sasis pakai punya Dodge. Mesin
mengambil Ford (Mercury) tahun 1954 dan Citroen untuk beberapa bagian
tubuh lain," paparnya.
Ketika semua barang tersedia, Hendri
mengambil sasis Dodge Pick Up lansiran 1955 yang kemudian dia dipotong
60 cm di bagian belakang dan 40 cm di bagian depan. Sasis itu lalu
dipasangkan beberapa braket yang dibuat custom seperti braket gearbox,
braket chassis over cabin dan braket power streering.
Kelar
urusan sasis, body mobil pun dibuat juga dari Dodge Pick Up 1955 yang
lebarnya dikurangi 20 cm dan tingginya dikurangi 50 cm. Tubuh itu lalu
dilabur cat kombinasi warna orange-hitam yang mencolok.
Sasis dan
tubuh itu kemudian disokong oleh kaki depan dari Volkswagen Beetle.
Sementara pneumatic suspension diambil dari Citroen BX 16.
Pelek
ring 22 dari Hennessy dengan rem di 4 kakinya yang diambil dari Mercy
dengan 2 kaliper di masing-masing kaki lalu diaplikasi untuk menyokong
tubuh sang mobil.
Untuk dapurnya, Hendri menggunakan mesin V8
dari Ford yang berkapasitas 3.8 liter dengan karburator Ford 2 barell
yang sudah diover hole. Mesin itu kemudian diberi cover custom dan
dipasangkan filter Hurricane dan koil Denso.
"Butuh waktu 1
tahun untuk mencari komponen dan mengerjakan itu semua. Dan ketika dapat
barang yang kita mau pun kita tidak bisa langsung pasang. Harus
disesuaikan dulu dengan part lain. Dibubut-lah, di potong-lah. Jadi
memang cukup sulit, karena itu butuh waktu lumayan lama bila dibanding
memodifikasi mobil baru yang partnya mudah di dapat dan bisa langsung
pasang dengan sedikit penyesuaian," tuntas Hendri.
Source
Labels: otomotif
0 comments:
Post a Comment