San Francisco (ANTARA News) - Penjualan komputer pribadi (PC) global naik lebih dari yang diperkirakan dalam tiga bulan pertama tahun ini, namun pelambatan di pasar yang sedang "booming" China memperlemah optimisme tentang angka yang dikeluarkan pada hari Rabu.

Pembuat PC mengapalkan 89 juta unit di seluruh dunia pada kuartal pertama tahun ini, sebuah peningkatan 1,9 persen dari periode yang sama 2011, menurut perusahaan riset industri Gartner.

"Hasil bervariasi tergantung pada kawasan," kata analis utama Gartner, Mikako Kitagawa, seperti dikutip dari AFP.

Sementara kawasan meliputi Eropa, Afrika dan Timur Tengah memiliki pengiriman PC mengesankan yaitu naik 6,7 persen, sedangkan kawasan Asia-Pasifik yang mencakup India dan China melihat pertumbuhan lebih lambat daripada yang diantisipasi.

"Sementara industri PC memiliki harapan yang tinggi untuk pertumbuhan yang kuat di pasar negara berkembang, tapi perlambatan negara-negara ini dalam kuartal ini merupakan sebuah pengingat kepada vendor," kata Kitagawa.

"Pertumbuhan masa depan untuk industri PC tidak bisa terlalu tergantung kepada pasar negara berkembang, meskipun penetrasi PC di kawasan ini masih rendah," tambahnya.
Source