Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, June 15, 2010

Menghadapi Zona Tidak Nyaman

Seorang profesor di Harvard, Timothy Butler, penulis buku Getting Unstuck: How Dead Ends Become New Paths, mengemukakan sesuatu yang kurang populer. Menurutnya, langkah pertama untuk melepaskan diri dari uncomfortable zone adalah dengan menelaah ke dalam diri dulu, bukan serta-merta menyalahkan lingkungan.

Sering terjadi, tidak mampunya kita melihat sisi positif dari lingkungan kerja kita disebabkan daya adaptasi kita yang kurang optimal. Misalnya saja, kita kerap frustrasi karena kurangnya dukungan dari bagian lain ataupun pengadaan alat yang lambat sehingga pekerjaan kita terhambat. Padahal, terkadang kita sendiri yang kurang asertif dan kurang tuntas dalam mengupayakan pendekatan dengan bagian lain untuk memuluskan proses kerja tersebut. Bukankah kalau kondisinya begini, kita pun adalah bagian dari masalahnya sendiri? Pernyataan "tidak happy"-nya kita sesungguhnya adalah alarm bahwa kita sedang ada di garis depan dan harus melakukan suatu perbaikan.

Kalau dipikir-pikir, tidak pernah ada situasi yang sempurna. Semua sistem, seterkini apa pun, pasti membutuhkan perbaikan. Perasaan tidak puas dari karyawan atau anggota kelompok mana pun perlu kita lihat sebagai cikal-bakal suatu perbaikan.

Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com