Referensi

Jasa Web Design

Monday, July 7, 2008

JAKARTA, SENIN - Tayangan komedi Extravaganza yang laris manis disiarkan di stasiun televisi Trans TV, ternyata menjadi salah satu dari empat tayangan televisi di Indonesia yang dianggap bermasalah dan mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Tiga tayangan lainnya adalah Ngelenong Nyok (Trans TV), Film Kartun One Piece (Global TV) dan Suami-Suami Takut Istri (Trans TV).

Penilaian tersebut merupakan hasil pemantauan dari tim panelis yang berasal kalangan akademisi serta pemerhati media dan anak yang diketuai Pakar Pendidikan Arief Rahman. Hasil pemantauan itulah kemudian manjadi bahan penilaian KPI. Anggota Tim panelis tersebut beranggotakan Seto Mulyadi, Nina Armando, Bobby Guntarto, Razaini Taher. Tim panelis tersebut dibantu 11 orang analis setelah melalui forum rapat dengan komisioner KPI Pusat

"Jenis tayangan yang dipantau yakni meliputi sinetron komedi, variety show, dan tayangan anak dan dalam rentang waktu 1 hingga 13 Mei 2008," ujar Nina Armandi di Gedung Bapeten, Jakarta, Senin (7/7).

Nina menjelaskan proses evaluasi tersebut dimaksudkan dalam menegakkan dan mengarahkan TV sebagai media hiburan yang sehat dan pendidikan bagi masyarakat luas. Empat tayangan yang dianggap bermasalah tersebut dinilai memiliki frekuensi paling tinggi dalam menonjolkan adegan berbau vulgar, seks, pelecehan, dan kekerasan dari 10 tayangan yang dianggap bermasalah hasil preliminary analysis.

Selain mempersoalkan isi tayangan KPI juga mempersoalkan banyaknya acara tidak melakukan pengklasifikasian acara atau penggolongan program siaran berdasarkan usia khalayak penonton. Dasar hukum yang dijadikan rujukan KPI yakni Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran maupun Standar Program Siaran 2007.

Salah satunya yakni Pasal 36 Ayat 1 UU Nomor 32 Tahun 2002 yang berbunyi isi siaran wajib mengandung informasi, pendidikan, hiburan, dan manfaat untuk pembentukan intelektualitas, watak, moral, kemajuan, kekuatan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengamalkan nilai-nilai agama dan budaya Indonesia.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com