Referensi

Jasa Web Design

Monday, June 18, 2012


 
Jakarta Polusi sampah di Kota Jakarta ternyata tidak hanya dirasakan oleh warga perkotaan, warga di kabupaten Kepulauan Seribu juga mulai merasakan dampaknya. Salah satunya adalah Pulau Untung Jawa, di pulau terdekat dengan kota Jakarta ini sampah menjadi pemandangan sehari-hari.

"Banyaknya sampah di Pulau Untung Jawa ini karena pulau ini dekat dengan 13 muara sungai yang ada di sepanjang pantai Jakarta dan Tangerang," ujar salah seorang petugas pengelola Pulau Untung Jawa, Dini, di Pulau Untung Jawa, Jakarta, Minggu, (17/6/2012).

Menurut Dini, bahkan bila Jakarta sedang dilanda banjir, penduduk pulau ini kerap mendapatkan beraneka jenis sampah seperti kasur, meja, kursi serta barang-barang lainnya.

"Tapi kami selalu merawat pulau ini. Setiap hari sampah-sampah dibersihkan untuk kenyamanan pengunjung," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa fenomena sampah di Pulau Untung Jawa ini sudah menjadi pemandangan sehari-hari, bahkan sudah sejak lama dirasakan warga.

"Tapi kita selalu bersihkan, ya biayanya diambil dari tiket masuk pengunjung ke Pulau Untung Jawa," ucapnya.

Pantauan detikcom, sampah seperti plastik, botol minuman, bungkus makanan dan lainnya terlihat diantara pinggiran pantai di Pulau Untung Jawa. Namun, pemandangan serupa bahkan lebih mengkhawatirkan lagi terlihat di bagian timur pulau yang dihuni oleh sekitar 2.000 warga itu.

Tak jauh berbeda, sampah kiriman dari Jakarta juga melanda Pulau Rambut yang terletak tidak jauh dari Pulau Untung Jawa. Meski tak berpenghuni dan menjadi cagar alam bagi habibat ribuan burung, sampah di pulau itu terlihat diantara sisi-sisi pantainya.

Fenomena itu tidak mengherankan, karena pemandangan sampah sudah terlihat di tengah laut dari daratan Kota Jakarta menuju beberapa Pulau di Kepulauan Seribu. Tidak hanya sampah plastik dan botol minuman, kasur pun terlihat mengambang mencemari Laut Jakarta.
Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com