Referensi

Jasa Web Design

Thursday, May 10, 2012

Pioneer Perkenalkan Navigasi HUD

  • Sumber : techon.nikkeibp.co.jp | Author : -
    Sistem navigasi HUD Pioneer

  • Layar proyek di depan pengemudi dari resin
  • Sumber : techon.nikkeibp.co.jp | Author : -
    Sistem navigasi HUD Pioneer
Tokyo, KompasOtomotif -  Pioneer Corp. memperkenalkan sistem navigasi dengan tayangan head up display (HUD) bersama sistem informasi realitas tertambah (augmented reality: AR). Informasi langsung ditayangkan di depan pengemudi.
 
Pengenalan sistem navigasi dilakukan Selalu lalu, sedangkan peluncuran pada akhir Juli mendatang. Demikian diberitakan oleh techon.nikkeibp.co.jp kemarin.
 
Sistem navigasi baru Pioneer ini disebut “Cyber Navi”, terdiri dari dua model, AVIC-VH99HUD (1D+1D) -  paling lengkap -  dan “AVIC-ZH99HUD” (2D). Pioneer belum menginformasikan harganya, namun  diperkirakan, 320 ribu yen (Rp 37 juta) untuk VH99  dan 300 ribu yen (Rp 34,7 juta) untuk ZH99.
 
Pertama di dunia
Pioneer mengklaim bahwa Cyber Navi ini  merupakan sistem navigasi pertama di dunia yang  menggabungkan teknologi AR dengan HUD. Prototipe sistem navigasi ini sebenarnya sudah diperagakan di CEATED Jepang pada Oktober tahun lalu.
 
Layar warna HUD  berukuran 90 x 30 cm. Gambar seakan-akan ditayangkan 3 meter di depan pengemudi.  Pixel layar 720 x 260 sampai 12 cd/meter persegi dan bekerja pada frekuensi 20-24Hz.
 
HUD dicantolkan pada posisi sun visor di depan pengemudi. Merek dan model kendaraan yang bisa menggunakan sistem HUD ini akan diumum Pionner melalui situsnya bulan Mei ini. Juga digunakan Bluetooth untuk memindahkan data antara HUD dan bodi utama sistem navigasi pada mobil.
 
Keamanan
Hanya informasi penting bagi mengemudi yang ditayangkan pada HUD. Sistem navigasi dilengkapi  empat fitur mode mengemudi dan bisa dikontrol melalui “remote control”. Untuk keamanan, Pioneer menggunakan layar proyektor resin yang tidak langsung menghantam kepala pengemudi bila terjadi kecelakaan.
 
Pioneer menggunakan laser merah, hijau dan biru untuk sumber cahaya dan kaca Micro-Electro-Mechanical System (MEMS)  sebagai elemen pengendali. Gambar ditayangkan secara berurutan melalui cermin MEMS yang juga berfungsi sebagai pemindai (scan).
 
Pioneer menggembangkan sistem navigasi ini bersama MicroVision Inc, sebuah perusahaan berbasis di Amerika Serikat. Pada sistem navigasi ini, Pioneer juga menambahkan fungsi baru. Ketika sinyal lalu lintas bertuliskan batas kecepatan terdeteksi di depan kendaraan, gambarnya akan ditayangkan pada bodi utama siostem navigasi dan pengemdi diberi tahu melalui suara peringatan.

Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com