Referensi

Jasa Web Design

Monday, May 28, 2012

Napak Tilas Perjalanan Awal Facebook

 
Jakarta - Facebook dinobatkan sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna hingga 900 juta. Situs ini semakin sukses setelah melantai di bursa pada minggu lalu.

Satu hal pasti, semua itu direngkuh Facebook hanya dalam kurun waktu 8 tahun oleh sekelompok anak muda.

Tentu menarik bila kembali ke masa lalu, sekitar tahun 2004, ketika awal-awal Facebook didirikan oleh Mark Zuckeberg. Sebagian memang sudah diceritakan melalui visualisasi film The Social Network. Namun ada suatu peristiwa penting -- yang mungkin belum banyak orang tahu -- mengenai permulaan Facebook diluncurkan.

Ada dokumen menarik, di situs berita internal Harvard Crimson, yang mengangkat wawancara Zuckerberg ketika awal membuat Facebook. Menurut berita yang diposting pada 9 Februari 2004, terungkap bahwa Zuckerberg membuat coding thefacebook.com -- awal nama Facebook -- selama seminggu.

Dalam artikel itu juga disebutkan, seminggu setelah melakukan coding, thefacebook.com muncul untuk pertama kalinya pada Rabu sore (4 Februari 2009). Saat itu, thefacebook merupakan situs internal mahasiswa Harvard yang merupakan gabungan antara standar buku tahunan kampus dengan informasi profil mahasiswanya.

"Semua orang telah berbicara banyak tentang buku tahunan di Harvard. Saya pikir konyol, ketika kampus mengumpulkannya selama beberapa tahun, dan saya dapat melakukannya dalam seminggu," ujar Zuck, saat itu.

Dia yang saat itu merupakan mahasiswa tahun kedua di Harvard juga mengungkap, setelah 5 hari diluncurkan anggota thefacebook telah mencapai 650 orang. Bahkan Zuck sudah mengantipasi kalau-kalau anggotanya mencapai 900 orang.

"Aku cukup senang dengan jumlah orang yang telah berkunjung ke situs kami sejauh ini," katanya.

"Sifat dari situs ini adalah bahwa pengalaman setiap pengguna akan semakin menarik apabila mereka bisa mendapatkan teman-teman mereka untuk bergabung," lanjut pria berambut keriwil ini.

Situs Zuckerberg memungkinkan orang dengan alamat email Harvard untuk mengupload foto mereka, informasi pribadi dan akademik. Sama seperti dengan website Friendster yang populer kala itu.

Namun Zuckeberg menambahkan, anggota di thefacebook dapat mencari orang yang sesuai dengan kepentingan mereka dan dapat membuat jaringan online dengan teman-temannya tersebut.

Saat itu Zuckerberg mengatakan bahwa fitur yang paling inovatif dari situs ini adalah bahwa orang dapat mencari siswa lain di kelas mereka sehingga mereka dapat cabang keluar untuk membentuk pertemanan dan kelompok belajar.

Bisa jadi ini adalah wawancara Mark Zuckerberg yang pertama ke media secara terbuka. Demikian yang detikINET dari The Next Web, Jumat (25/5/2011).
Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com