Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, April 4, 2012

Facebook Gugat Balik Yahoo

KOMPAS.com - Perang paten antara Yahoo dan Facebook sepertinya akan semakin memanas.

Setelah digugat Yahoo, Facebook justu melakukan gugatan balik Yahoo terkait gugatan atas kekayaan intelektual miliknya. Facebook mengklaim justru Yahoo yang melanggar beberapa paten milik Facebook.

Seperti dilansir CNet, Facebook telah mengajukan kontra gugatan terhadap Yahoo di Pengadilan Distrik AS di San Fransisco pada Selasa (3/4/2012).

Penasehat umum Facebook Ted Ullyot menjelaskan pihaknya akan mempertahankan diri terhadap gugatan Yahoo.

Facebook juga akan memberikan jawaban atas gugatan Yahoo yang menyebut Facebook melanggar 10 paten Yahoo, termasuk sistem dan metode untuk iklan di situs.

Chief Intellectual Property Officer MDB Capital, Erin Michael Gill menjelaskan Facebook dinilai sudah menjalankan kaidah aturan yang benar. Jika Facebook benar-benar kembali menggugat balik Yahoo maka hal itu akan menguntungkan Facebook.

Apalagi Facebook juga akan menggelar penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada akhir Mei 2012 dengan kapitalisasi modal hingga 100 miliar dollar AS. Dengan rencana tersebut, Facebook dinilai perlu menjaga produknya dengan paten-paten.

"Facebook telah melakukan sesuatu yang tepat. Keinginan itu juga sesuai dengan harapan investor," katanya.

Atas gugatan balik dari Facebook, Yahoo menjelaskan bahwa gugatan balik itu tidak berdasar dan hanya dianggap sebagai upaya pengalihan isu untuk mempertahankan diri.

"Kami telah berupaya berdiskusi dengan Facebook, tapi ditolak," jelasnya.
Sekadar catatan, Yahoo menggugat Facebook karena dinilai melanggar 10 hak patennya termasuk sistem dan metode untuk iklan di situs.

Kasus ini seperti ulangan dari keputusan Yahoo untuk menggugat Google menyusul penawaran saham perdana perusahaan tu pada 2004 lalu.

Sengketa masalah hak paten itu dimenangkan Yahoo yang memperoleh sejumlah pembayaran. Disebutkan Google melakukan penyelesaian kasus itu dengan menerbitkan 2,7 juta saham untuk saingannya.
Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com