Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, April 3, 2012

Jakarta - Anda pengguna BlackBerry? Sering bermasalah dengan BlackBerry Messenger, akses email, dan internet? Jangan cuma menyalahkan operator saja. Sebab, kelancaran layanan BlackBerry juga tanggung jawab Research in Motion (RIM).

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menjelaskan, dalam kerja sama antara operator dan RIM, operator hanya berperan sebagai pipa penyalur trafik jaringan saja. Sementara untuk kendali layanan, ada di tangan vendor asal Kanada itu. Hal itu terbukti dengan masih ditempatkannya server RIM di luar Indonesia.

"Itu konsekuensi server RIM di luar negeri. BlackBerry jadi lelet, lemot, problem. Email juga bisa drop seperti kemarin," papar anggota BRTI, Heru Sutadi kepada detikINET di Jakarta, Senin (2/4/2012).

Heru menjelaskan, meski komunikasi antar pengguna BlackBerry hanya di dalam Indonesia, namun trafik dibawa ke luar negeri dulu, yang membuat trafik menjalani rute yang panjang.

"Trafik dibawa dengan kapasitas terbatas, padahal trafik makin meningkat. Maka konsekuensinya, ya kecepatan akses jadi lelet, beberapa fitur mungkin lambat, bahkan tidak jalan," sesal Heru.

Anggota BRTI lainnya, Nonot Harsono, mengusulkan skenario untuk jajak pendapat soal performa layanan BlackBerry kepada seluruh operator yang menjadi mitra RIM.

Saat ini, operator yang menjadi mitra RIM adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Axis Telekomunikasi Indonesia, Hutchison CP Telecommunication, Smartfren Telecom, dan Bakrie Telecom. Total diperkirakan ada 6 juta pengguna BlackBerry di Indonesia.

"Coba tanyakan ke seluruh operator mitra RIM, email BlackBerry macet, di titik mana masalahnya? Kalau semua menjawab di server RIM di luar negeri, maka itu bukti nyata bahwa layanan dikendalikan langsung oleh RIM," jelas Nonot.

Sementara M Ridwan Effendi, anggota BRTI lainnya, mengakui belum ada standar kualitas layanan terkait BlackBerry. Permasalahan mengenai keluhan akses data, menurutnya, akan mendapat perhatian khusus tahun ini.

"Walaupun belum ada standar kualitas layanan, tetapi operator bersama RIM, wajib menjaga kualitas layanan sesuai dengan janji yang telah diberikan kepada konsumen. Tahun ini, BRTI akan menggarap standar kualitas layanan data. Mudah-mudahan bisa segera disepakati," pungkasnya.
Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com