Jakarta (ANTARA New) - Komputer tablet Apple iPad akan mendominasi pasar tablet hingga tahun-tahun mendatang, menurut analisis terbaru Gartner.

Gartner memperkirakan Apple iPad mempertahankan pangsa pasarnya yang lebih dari 45 persen di seluruh dunia hingga 2016.

Kekuatan Apple mulai melonggar tapi Gartner mengatakan bahwa iPad masih menyumbangkan sebesar 73,4 persen dari penjualan tablet pada 2011 dan 83 persen pada 2010.

Apple masih akan mendapat keuntungan besar-besaran karena total pasarnya akan terus tumbuh pesat. Pada akhir 2016, sekitar 665 juta tablet akan di gunakan, kata rumah analis.

Apple iPad akan memiliki penantang terbaru yaitu perangkat yang berbasis sistem operasi Microsoft Windows 8 yang akan datang akhir tahun ini dan dirancang untuk desktop dan komputer tablet. Selain perangkat berbasis sistem operasi Google Android.

Gartner mengatakan produsen tablet terlambat membuat perubahan hingga 2016. Saham Windows tablet tidak lebih dari 12 persen.

Pola kerjanya berbeda dengan cara ponsel pintar berbasis Google Android mengalahkan Apple iPhone.

Total penjualan tablet global diperkirakan akan berjumlah 118.900.000 unit pada 2012, naik 98 persen dari 2011 atau 60 juta unit, kata perusahaan.

"Meskipun vendor PC dan produsen ponsel menginginkan bagian kue dan terjun ke pasar tablet. Sejauh ini, kami jarang melihat keberhasilan di luar Apple iPad," kata Wakil Presiden Penelitian Gartner Carolina Milanesi.

"Sebagai vendor berjuang bersaing di harga dan membedakan perangkat keras atau ekosistem dengan baik, persediaan dibuat dan hanya 60 juta unit perangkat yang benar-benar sampai di tangan konsumen di seluruh dunia. Situasinya belum membaik pada awal 2012, ketika kemunculan iPad baru yang mereset benchmark.

"Tampaknya, tahun ini, para pesaing sedang menunggu perangkat terbaru Apple yang akan keluar. Karena akan ada sedikit peluncuran tablet dalam Consumer Electronics Show atau Mobile World Congress. Banyak vendor sedang menunggu kesiapan Windows 8 untuk mencoba dan memasuki pasar dengan pendekatan dual-platform, berharap merek Microsoft dapat membantu mereka dalam bisnis dan pasar konsumen. "

"Departemen TI melihat Windows 8 sebagai kesempatan untuk memperkenalkan tablet berbasis sistem operasi yang sudah akrab dengan mereka dan perangkat yang ditawarkan oleh banyak  pemasok," kata Ms Milanesi. "Hal ini berarti kami melihat Windows 8 sebagai perangkat TI yang kuat dan didukung OS yang memiliki daya tarik konsumen yang kuat."

Tablet Android diperkirakan akan mencapai 31,9 persen dari total penjualan tablet pada 2012. Analis Gartner mengatakan masalah utama tablet Android adalah kurangnya aplikasi tablet. Data survei konsumen Gartner menunjukkan bahwa pelanggan menjalankan banyak aplikasi pada ponsel dan tablet mereka.
(adm)