Referensi

Jasa Web Design

Monday, November 7, 2011

Jakarta (ANTARA News) - Indosat akan fokus memperluas jangkauan jaringan telekomunikasi generasi ketiga (3G) pada tahun depan untuk meningkatkan pendapatan layanan data, pos yang selama ini mengkontribusi 18 persen dari total pendapatan perusahaan.

"Kami akan menambah jumlah BTS (base transceiver station ) untuk meningkatkan layanan data. Kami akan memperbanyak jangkayan 3G, itu fokus kami tahun depan," kata Direktur Utama Indosat Harry Sasongko disela pertemuan dengan editor mengenai kinerja triwulan III di Jakarta, Senin.

Namun, Harry belum bersedia menyebutkan angka investasi atau belanja modal tahun depan. Ia hanya mengatakan penambahan jangkauan 3G tersebut masih dalam proses penghitungan budget.

Harry mengakui ada kelemahan dalam jaringan 3G khususnya di Jakarta. "Kami mengakui ada keluhan mengenai jaringan di sana-sini," katanya.

Menurut dia, hal itu terjadi karena Indosat tengah melakukan optimalisasi jaringan melalui peralatan baru. Harry mengatakan peralatan baru tersebut baru datang Pebruari 2011, dan membutuhkan waktu bagi para insinyur Indosat untuk membuat "setting" peralatan agar bisa beroperasi optimal.

"Kami harapkan optimalisasi jaringan tersebut selesai akhir tahun ini. Ke depan, pada 2012 kami akan melakukan berbagai inisiatif baru di bidang 3G, untuk menghasilkan layanan data terbaik," katanya.

Pada tahun ini kontribusi pendapatan selular Indosat, kata dia, masih didominasi layanan suara sebesar 53 persen, layanan pesan singkat 20 persen, layanan data 18 persen, dan layanan VAS (value added service) sebesar 10 persen.

Berdasarkan data laporan keuangan Indosat pada Januari-September 2011, jumlah pelanggan wireless broadband mencapai 583.400 pelanggan atau turun 21,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 684.300 pelanggan.

"Saya yakin pertumbuhan penggunaan layanan data akan luar biasa," ujarnya. Namun Harry mengakui lemahnya jaringan 3G juga terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan, dan properti yang mengganggu jaringan, serta peningkatan jumlah pengguna Blackberry.

Sampai triwulan III tahun ini Indosat memiliki 18.776 BTS untuk layanan 2G dan 3G.

Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com