Referensi

Jasa Web Design

Sunday, August 29, 2010

MEDAN, Jual Poster - Harga sayur mayur di pasar Medan bergerak naik rata-rata Rp 1.000 per kg akibat meletusnya Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumut, Minggu (29/8) dinihari,

"Hari ini tidak ada masuk sayur-mayur. Semua barang ini sisa stok Sabtu, jadi pedagang memilih menaikkan harga, antisipasi tidak berjualan pada Senin dan seterusnya kalau pasokan dari Karo terganggu," kata S.br Ginting, pedagang Pasar Inpres Titi Kuning, di Medan, Minggu.

Harga cabai misalnya naik menjadi Rp 20.000 per kg dari harga Rp 18.000 per kg di hari Sabtu. Sementara tomat Rp 6.000 per kg dari Rp 5.000 per kg sebelumnya.

Meski begitu, harga bawang tetap sekitar Rp 12.000 per kg karena pasokannya bukan dari Karo, tetapi Jawa. "Mudah-mudahan tidak terjadi lagi letusan sehingga pasokan kembali lancar," kata Ginting.

Ginting, asal Karo yang sudah lama menetap di Medan itu mengakui dirinya sempat stres memikirkan keluarganya yang berada di Kabanjahe setelah mendengar informasi adanya letusan Gunung Sinabung.

Tetapi syukur mereka semua selamat dan sehat meski ikut mengungsi sementara, katanya.

Mengutip pernyataan kerabatnya yang petani sayur mayur di Kabanjahe, menurut S.boru Ginting, sebagian tanaman kubis, cabai dan berbagai jensi lainnya, rusak tertutupi debu dari semburan gunung itu. "Bisa jadi, pasokan sayur-mayur berkurang," katanya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Komando Pengendalian Operasi Polda Sumut AKBP Aiman Syafruddin di Posko Pengendalian bencana itu di Kantor Gubernur Sumut, mengakui ada dua warga di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumut yang meninggal dunia setelah letusan Gunung Sinabung itu.

Tetapi, mereka meninggal dunia bukan akibat langsung gunung meletus, namun terkena serangan jantung setelah gunung itu meletus.

Dua warga yang meninggal dunia itu adalah Nartari Beru Ginting (65), penduduk Desa Naman Teran dan Nimaken Surbakti (54), penduduk Desa Juma Raya, Kecamatan Naman Teran.

Aiman menambahkan, tim sudah mengerahkan 300 orang personel untuk membantu masyarakat Karo, khususnya proses evakuasi warga yang berada di sekitar Gunung Sinabung.

Tim juga mengerahkan sejumlah armada truk untuk dijadikan alat transportasi warga, katanya.

Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com