Referensi

Jasa Web Design

Monday, May 31, 2010

Penyakit langka yang disebabkan oleh parasit kini menyerang pasangan gay (homoseksual) yang mengidap HIV. Penularannya terjadi melalui hubungan seks anal maupun oral.

Amebiasis, yang merupakan infeksi amuba Entamoeba histolytica sebenarnya sangat langka. Biasanya tidak pernah terjadi di negara industri, hanya terjadi di negara endemi amuba yang memiliki sanitasi di bawah standar.

Tetapi sekarang anggapan itu berubah, sejak penelitian yang dilakukan oleh Chieng Ching Hung di Taiwan. Dikutip dari Medical News, Senin (31/5/2010), penelitian itu merupakan desertasi untuk meraih gelar doktor di University of Antwerp.

Selama ini penularan E. histolytica terjadi melalui air yang terkontaminasi. Infeksi amuba ini menjadi sangat berbahaya ketika menyerang usus dan menyebabkan diare. Selain itu, E. histolytica juga bisa memasuki aliran darah dan menyebabkan abses di hati.

Dalam penelitian tersebut, terungkap bahwa kini penularannya tidak hanya melalui air yang terkontaminasi. Penyakit tersebut juga menular pada pria homoseksial yang sebelumnya positif mengidap HIV.

Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com