Referensi

Jasa Web Design

Saturday, December 13, 2008

Tangkal Virus Kartu Kredit

SEMBILAN juta pemilik kartu kredit di Indonesia pantas resah mendengar kabar ancaman virus koobface yang konon bisa membobol kartu kredit lewat situs jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, MySpace dan semacamnya. Namun ada beberapa jurus ampuh untuk menangkal aksi pembobolan lewat dunia maya itu. Apa saja jurus-jurus?

BERITA penyebaran virus koobface yang menyebar lewat situs jejaring sosial Facebook, memang sempat memicu keresahan para pemilik kartu kredit di Indonesia. Dalam berbagai blog dan milik komunitas pemilik kartu kredit, bahasan tentang 'hantu virus Koobface' menjadi topik 'hot issue' lantaran mereka khawatir kartu kreditnya bakal dikuras oleh pembobol.

Memang sih, aksi pembobolan kartu kredit lewat situs-situs pertemanan selama ini lebih banyak mencuat kasusnya di luar negeri. Namun bukan tidak mungkin aksi serupa bakal mengancam sembilan juta pemilik kartu kredit di Indonesia. Untuk mencegah dan menangkal pembobolan, pakar telematika Roy Suryo memberikan kiat-kiat khusus.

Antara lain, mulai saat ini jangan sembarangan berasyik-asyik menggunakan email dan blog internet gratisan berbasis provider dari luar negeri seperti email gratis dari yahoo, google dan semacamnya. Disarankan pula agar tidak sembarangan mencantumkan data-data pribadi, baik itu nomor telepon rumah, telepon genggam, tanggal kelahiran dan semacamnya lewat situs jejaring sosial seperti Facebook.

"Bahaya sekali! Tanpa sadar, kita sering menggunakan tanggal lahir istri, anak atau diri kita sendiri untuk password kartu kredit. Data-data itu kalau sampai kita cantumkan di Facebook, pembobol akan sangat mudah menjebol kartu kredit kita," kata Roy Suryo yang dihubungi Persda Network, Kamis (11/12) kemarin.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com