Referensi

Jasa Web Design

Friday, September 5, 2008

JAKARTA -- Asosiasi Penjual Tiket Indonesia (Aspindo) memperkirakan penjualan tiket pesawat udara pada musim libur Lebaran tahun ini melonjak hingga 100 persen dibanding sebulan sebelumnya, yang mencapai satu juta kursi. "Lonjakannya cukup signifikan," kata Wakil Ketua Aspindo Rudiana kepada Tempo di Jakarta kemarin.

Untuk musim libur kali ini, Rudi melanjutkan, sekitar 16 maskapai penerbangan berjadwal di Indonesia mengalokasikan 2,1 juta kursi. Umumnya setiap agen perjalanan menjual tiket di kisaran harga batas atas, sesuai dengan permintaan dari maskapai. "(Ini) kesempatan buat nyari untung."

Adapun daerah tujuan yang paling banyak diminati adalah Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Padang, Medan, dan Bali. Sebagian penumpang membeli tiket beberapa bulan sebelum keberangkatan melalui agen perjalanan dan Internet. "Tiket untuk keberangkatan 28-30 September telah terjual 90 persen," ucap Rudi.

Juru bicara maskapai Lion Air, Hasyim Alhabsi, mengatakan mayoritas maskapai menetapkan tarif batas untuk menutup biaya operasional. "Banyak bangku kosong ketika pesawat kembali ke kota asal," ujarnya. Untuk tiket Jakarta-Padang, misalnya, yang biasanya seharga Rp 300-500 ribu, menjadi Rp 1 juta untuk keberangkatan H-7 hingga H+7.

PT Angkasa Pura II, pengelola Bandara Soekarno-Hatta, memperkirakan jumlah penumpang pada Lebaran tahun ini 1,5 juta orang, meningkat 10 persen dibanding tahun lalu, atau 90 ribu-120 ribu penumpang per hari.

Source

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com