Referensi

Jasa Web Design

Wednesday, July 30, 2008

Harga Obat Naik

Jakarta: Bagi Anda yang rutin mengonsumsi obat-obatan, sekarang harus siap mengeluarkan dana lebih. Pasalnya, harga obat di pasaran naik sebesar 20 hingga 30 persen. Ini dirasakan Nilawati. Sudah sebulan ia mengeluarkan dana ekstra untuk membeli obat-obatan yang dikonsumsi keluarganya. Bagi Nilawati, kenaikan harga obat yang cukup tinggi amat memberatkan. "Keberatan, karena naiknya sampai 30 persen," kata Nilawati di Jakarta.

Tak hanya pembeli, pedagang juga mengeluh. Apalagi, kenaikan harga juga berdampak pada sepinya pembeli. "Menurun drastis, hampir 50 persen," kata Wiwid, pedagang obat.

Tingginya harga bahan baku di pasaran internasional serta berkurangnya pasokan memaksa produsen obat menaikkan harga jual. "Mau tidak mau harga obat-obatan harus dilakukan penyesuaian," kata Anthony Sunaryo, Ketua GP Farmasi Indonesia. "Tentunya penyesuaian itu harus disesuaikan juga dengan daya beli masyarakat."

Naiknya harga bahan baku obat-obatan terjadi sejak awal tahun ini. Ini setelah produsen Indonesia mengalihkan impor bahan baku dari Eropa dan Amerika Serikat ke Cina serta India. Namun, pasokan terhambat akibat perbaikan pabrik di kedua negara tersebut. Kondisi ini diperparah dengan kenaikan harga bahan bakar minyak beberapa waktu lalu.

Source



0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com