Referensi

Jasa Web Design

Saturday, January 5, 2008

TEMPO Interaktif, Jakarta:Menteri Lingkungan Hidup Rahmat Witoelar meminta pemerintah merelokasi warga yang tinggal di lokasi rawan banjir dan tanah longsor. Terutama yang tinggal di kawasan lindung di 62 sepadan sungai di seluruh Indonesia.

"Di lokasi itu ada kemungkinan high risk (risiko tinggi). Kalau tidak dievakuasi bila ada musibah dan bencana, dampaknya lebih besar," kata Rahmat dalam jumpa pers di kantor Kementrian Negara Lingkungan Hidup, Jumat (4/1).

Bencana banjir dan tanah lonsor yang melanda DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, kata dia, disebabkan karena warga tinggal di lokasi kawasan lindung. Akibatnya ada perubahan tutupan lahan dari daerah resapan air menjadi pemukiman.

Menurut Rahmat, kebijakan pemerintah daerah turut menyumbang pada perubahan tutupan lahan ini. "Ada pejabat daerah yang memberikan izin tinggal di sana dan mengutip retribusi. Padahal kawasan itu tidak boleh ditinggali karena rawan," katanya.

Ia mengungkapkan, usulan relokasi ini telah dibicarakan dalam rapat kabinet tetapi belum disempurnakan. Permintaan relokasi itu, kata dia, juga telah disampaikan kepada instansi terkait seperti Pemprov DKI, Departemen Sosial, Departemen Pekerjaan Umum, Bakornas Penanggulangan Bencana dan sejumlah pemerintah daerah.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com