Referensi

Jasa Web Design

Tuesday, December 4, 2007

Tangerang Banjir

Tangerang - Kota Tangerang, Banten, dikepung banjir setelah hujan deras mengguyur daerah itu sejak Senin malam (3/12) pukul 21.00 hingga Selasa pagi 4/12) pukul 07.00 WIB.

"Banjir melanda sekitar 15 titik di Kota Tangerang. Yang terendam banjir yakni ruas jalan arteri utama dan pemukiman rumah warga," kata Kabag Informasi dan Komunikasi Pemkot Tangerang, Saeful Rohman, Selasa.

Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang selama sembilan jam tersebut, ribuan rumah tergenang air, dan genangan air yag mencapai ketinggian sekitar satu setengah meter bahkan menutup ruas jalan arteri utama seperti Jalan Mohammad Toha, Imam Bonjol, Dokter Soetomo hingga Jalan Gatot Subroto.

Pemukiman yang terendam banjir parah yakni ribuan Komplek Pondok Arum dengan ketinggian mulai dari 50 sentimeter hingga dua meter, perumahan Wisma Kehutanan, perumahan Sukajadi, halaman Rumah Sakit Sari Asih Karawaci, Bandara Emas dan lainnya.

Rohman mengatakan, ke-15 titik yang terendam banjir meliputi enam kecamatan, yakni Ciledug, Priuk, Karawaci, Cibodas, Jatiuwung dan Batu Ceper.

Menurut Rohman, banjir yang terjadi saat ini akibat kiriman air wilayah selatan karena ketinggian aliran air di Bendungan Belah Batu, Bogor mencapai empat meter padahal ketinggian maksimal mencapai 1,5 meter.

Rohman menuturkan, Pemkot Tangerang sudah berupaya maksimal untuk mengantisipasi banjir, namun penanganan banjir harus koordinasi dengan pihak Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Upaya Pemkot Tangerang untuk mengantisipasi banjir dilakukan dengan membangun tanggul sepanjang 11 Km dengan anggaran Rp40 miliar dan tanggul sepanjang 1,9 Km dengan anggaran Rp11 miliar di wilayah rawan banjir tersebut.

Selain itu, Pemkot Tangerang membangun rumah-rumah pompa yang dilengkapi dengan 82 unit mesin pompa, sedangkan bantuan yang diturunkan untuk korban banjir berupa lima ton beras dari Bulog Provinsi Banten, enam unit perahu karet untuk evakuasi, enam kole-kole dan 1.000 kardus mie instant.(*)

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com