Referensi

Jasa Web Design

Saturday, December 1, 2007

Jakarta: Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Salimar Salim mengatakan pihaknya sudah menerapkan sistem Kewaspadaan Dini di seluruh Puskesmas wilayah Jakarta untuk mencegah bertambahnya korban diare.

"Secara periodik, petugas akan memantau tingkat penderita diare di wilayahnya. Bila naik, akan langsung dilakukan tindakan pencegahan," katanya ketika dihubungi Tempo Jumat (30/11).

Pencegahan yang dilakukan yaitu karbolisasi dan kaporisasi di wilayah yang mengalami peningkatan penderita. Saat ini, pihaknya juga terus melakukan penyuluhan untuk hidup sehat kepada warga masyarakat di tiap wilayah. Kegiatan ini difokuskan di wilayah Jakarta Utara sebagai wilayah yang tercatat penderita diare paling banyak. "Kalau petugas tidak bergerak, angka penderita tidak akan menurun," katanya.

Untuk tahun ini, menurut Salimar, angka korban diare di Jakarta lebih kecil dari tahun sebelumnya. Diare akan terus ada setiap tahunnya, karena masuk kategori penyakit endemis, yaitu wabah penyakit yang berlangsung tiap tahun. "Penyakit ini tidak akan hilang bila perilaku hidup bersih masyarakat tidak lebih baik," katanya.

Source

Silahkan Beri Komentar Anda Mengenai Berita/Artikel Ini.

0 comments:

 

Power by Grandparagon @ 2007 - 2008 Beritadotcom.blogspot.com